Sekilas tentang Objek Wisata di Singapura Chek Jawa Wetlands

Salah satu objek wisata di Singapura bernuansa alam yang menarik dikunjungi adalah Chek Jawa Wetlands. Lokasinya ada di timur bagian ujung Pulau Ubin. Tempat ini mempunyai setengah lusin ekosistem utama dari hutan perairan sampai laguna yang dipenuhi tumbuhan lamun.

Check Jawa merupakan kawasan intertidal. Beberapa ekosistem yang dimilikinya hanya muncul ketika kondisi air surut 0,5 meter serta di bawah dari angka tersebut.

Bila tidak ingin ketinggalan ekosistem tersebut, berarti perlu mengetahui kapan waktu air mengalami pasang dan surut. Agar lebih paham tentang tempat wisata alam di Singapura satu ini, simak uraian berikut.

Pembahasan Sekilas tentang Objek Wisata di Singapura Chek Jawa Wetlands

Area Chek Jawa memiliki luas sekitar 100 hektare. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa lokasinya ada di bagian ujung Pulau Ubin. Atau kira-kira bila dihitung dari dermaga umum Pulau Ubin jaraknya sekitar 3 km.

Objek wisata di Singapura satu ini merupakan kawasan alami yang tampak unik. Hal ini karena merupakan tempat bertemunya enam ekosistem utama. Meliputi hutan bakau, puing karang, laguna lamun, pantai berpasir, hutan pantai serta pantai berbatu.

Check Jawa merupakan salah satu ekosistem paling kaya di Singapura. Dulunya dijadwalkan akan melakukan reklamasi lahan tahun 1992. Tapi, baru terungkap pada tahun 2000 tepatnya bulan Desember.

Terungkapnya tempat tersebut banyak warga Singapura yang datang untuk berkunjung. Ketika tempat wisata ini ditemukan, dijadwalkan akan dibangun lagi tahun 2000. Masyarakat umum serta pecinta alam kala itu memberikan masukan terkait rencana reklamasi agar ditinjau kembali.

Hingga akhirnya tahun 2001 diumumkan bahwa reklamasi ditunda selama Pulau Ubin tidak dibutuhkan untuk pembangunan. Keputusan diambil berdasarkan pertimbangan masukan publik serta konsultasi ekstensif bersama lembaga pemerintah terkait sekaligus ahli ilmiah.

Bisa dikatakan penemuan objek wisata di Singapura satu ini adalah secara tidak sengaja. Keberagaman hayati yang dimiliki menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung, baik lokal maupun mancanegara. Letaknya tersebunyi di sudut Pulau Ubin.

Berbagai Aktivitas Bisa Dilakukan di Chek Jawa Wetlands

Ketika baru pertama kali ke tempat wisata, biasanya yang menjadi kendala adalah bingung ingin melakukan apa selain menikmati keindahan pemandangan. Kalaupun baru pertama kali datang ke tempat ini, Anda tidak perlu khawatir bingung terkait hal tersebut.

Sebab, sudah ada pemandu yang nantinya akan membantu para pengunjung tempat wisata memperoleh pengalaman menarik dalam menikmati keindahan Check Jawa yang mengagumkan. Bahkan bisa bertanya-tanya seputar tempat wisata bila ada yang ingin ditanyakan.

Menikmati keindahan pemandangan alam dengan pengalaman berbeda bisa dilakukan dengan melihatnya dari Jejawi Tower atau menara pengamatan. Menara di objek wisata di Singapura satu ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter.

Memanjat sampai ke bagian puncak menara bisa memudahkan Anda menikmati keindahan panorama kanopi kutan beserta lautan yang mengelilinginya. Termasuk burung cucak rawa serta cekakak sungkai.

Tempat ini juga mempunyai boardwalk yang memiliki panjang lebih dari 1 km pada sepanjang pesisir serta putaran mangrove. Jalur setapak papan kayu ini merupakan metode mudah yang bisa dimanfaatkan untuk menyaksikan keindahan kehidupan bahari sekaligus tumbuhan hijau.

Jam Operasional dan Rute Menuju Tempat Wisata Chek Jawa Wetlands

Tempat ini memiliki jam operasional dimulai jam 7 pagi hingga 7 malam. Penting mengetahui jam operasional paling update agar ketika sudah jauh-jauh berkunjung tidak kecewa akibat tempat wisata yang ternyata sudah tutup.

Untuk mencapai objek wisata di Singapura satu ini Anda harus naik kapal ferry. Bila sudah sampai pulau, bisa menyewa van atau sepeda untuk memudahkan akses menuju tempat wisata dari desa utama Pulau Ubin.

Kendaraan atau sepeda yang disewa sebaiknya diparkir pada tempat sesuai ketentuan, yaitu dekat Punai Hut. Agar lebih aman lagi, sebaiknya sebelum menyewa sepeda mintalah kunci sebagai pengaman.

Bila lebih suka dengan tantangan, bisa berjalan kaki dengan durasi tempuh sekitar 40 menit dari dermaga. Tapi, sebelum berjalan kaki pastikan kondisi tubuh sedang sehat mengingat jarak tempuhnya bisa dibilang cukup jauh.

Bagi Anda yang tertarik ke tempat ini dan ingin memakai jasa sewa kendaraan berpengalaman, gunakan saja SGCab. Selain layanan rental mobil, SGCab juga menyediakan paket tour Singapura Malaysia. Menariknya lagi, akan ada kantor resminya di Jogja.

Informasi lebih lengkap mengenai jasa ini ada pada laman tourwisatasingapura.com atau hubungi nomor pada halaman kontak. Dijamin perjalanan menuju objek wisata di Singapura yang Anda inginkan akan nyaman dan aman selama menggunakan kendaraan milik SGCab.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *