Pembahasan tentang Wisata Gratis di Singapura Haw Par Villa

Ada banyak wisata gratis di Singapura, salah satunya adalah Haw Par Villa. Lokasinya ada di daerah Pasir Panjang Road. Tempat ini merupakan taman neraka bertema mitologis Tionghoa.

Berbeda dengan taman pada umumnya, tempat ini menghadirkan cerita tentang kepercayaan rakyat Tiongkok terhadap 10 Courts of Hell. Bagi penggemar sejarah, bisa menjadikan tempat wisata satu ini sebagai alternatif pilihan untuk dikunjungi.

Terutama penggemar sejarah yang berhubungan dengan tradisi Tionghoa serta kepercayaan religius. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai Haw Par Villa penting diketahui sebelum Anda berkunjung ke sana.

Asal Mula Wisata Gratis di Singapura Haw Par Villa

Dulunya tempat wisata ini populer dengan nama Tiger Balm Gardens. Disebut demikian karena pendirinya merupakan pengusaha Tiger Balms. Awal mula pembangunannya dilakukan oleh Aw Boon Haw yang merupakan pengusaha asal Myanmar.

Ia membangunnya dengan penuh rasa cinta dan ditunjukkan untuk saudaranya Aw Boon Par. Awal pembangunan wisata gratis di Singapura satu ini adalah pada tahun 1937 silam sebelum akhirnya dibuka untuk masyarakat umum.

Pembangunannya merupakan refleksi kecintaan Aw Boon Haw terhadap budaya serta mitologi Tionghoa mendalam. Bahkan Boon Haw melakukan pengawasan terhadap seniman yang menciptakan diorama asli taman tersebut.

Harapannya adalah penggambaran nilai tradisional taman nantinya memberikan penuntun moral bagi masyarakat. Pada saat terjadi Perang Dunia II, keluarga Aw melarikan diri ke Yangon atau Rangoon. Taman ini dipakai oleh tentara Jepang sebagai titik pengamatan.

Setelah beberapa tahun perang selesai, ia kembali lagi ke Singapura dan membangun taman ini lagi. Dimulai dari tahun 1940 sampai 1970 an, anggota keluarga Aw banyak yang berkontribusi terhadap perkembangan taman.

Bentuk modern mulai diambil pada tahun 1985. Tepatnya saat Singapore Tourism Board mengambil alih untuk mengelola wisata gratis di Singapura satu ini. Taman semakin cantik seperti bisa Anda lihat sekarang dan diubah namanya menjadi Haw Par Villa.

Beragam Objek Menarik yang Ada di Haw Par Villa

Ketika mengunjungi taman ini, terdapat beragam objek menarik yang bisa ditemukan. Ada kolam besar berisikan kura-kura beragam ukuran. Ada danau yang tengahnya terdapat bangunan khas Tiongkok.

Di sebelah bangunan ini ada menara yang bagian atasnya terdapat patung Buddha bersila berukuran besar. Daya tarik utama dimiliki oleh tempat ini yaitu adanya goa yang mengandung diorama 10 pengadilan neraka.

Sesuai dengan kepercayaan Tionghoa, bahwa seluruh dosa yang dilakukan dibumi nantinya akan memperoleh ganjaran saat di neraka. Di mana hukuman yang diperoleh terbagi ke dalam 10 kelompok.

Area lainnya tidak kalah menarik bisa Anda temukan di tempat wisata gratis di Singapura satu ini bagian luar goa yaitu beragam taman dengan tema bervariasi. Seperti, kisah legenda siluman ular putih dan perjalanan menuju Barat ala cerita Kera Sakti.

Dari sekian banyaknya objek menarik yang ada, bisa pengunjung jadikan spot untuk berfoto. Anda bisa berpose dengan patung yang ada berjarak sangat dekat. Setiap patung mempunyai filosofi ceritanya masing-masing.

Agar bisa menikmati setiap objek yang ada dengan optimal, sebaiknya kunjungan dilakukan pada sore hari. Sebab, pada waktu ini cuacanya tidak terlalau panas. Bila ingin lebih leluasa untuk berfoto, sebaiknya kunjungi saat hari biasa dan bukan ketika musim liburan.

Tips lainnya, sebelum berangkat menuju wisata gratis di Singapura satu ini sediakan air minum terlebih dahulu untuk dibawa. Karena tempatnya outdoor, jangan lupa kenakan tabir surya.

Fasilitas dan Cara Menuju Haw Par Villa

Bila lupa tidak membawa air minum, didekat stasiun Haw Par Villa ada penjual minuman, es krim serta camilan. Fasilitas lainnya tersedia adalah toilet, tempat duduk dan tempat parkir. Terdapat dua cara menuju tempat wisata satu ini, yaitu menggunakan MRT dan shuttle bus.

MRT paling dekat yaitu Jalur Kuning, nantinya Anda bisa turun stasiun paling dekat. Kemudian melewati jalur circle line, lalu berjalan kaki. Sedangkan ketika menggunakan bus, bisa naik yang nomornya 200, 188, 143, 51, 30e, 30 serta 310.

Tempat wisata ini buka pada ham 9 pagi hingga 7 malam. Sedangkan goa 10 pengadilan neraka jam bukanya hanya sampai 6 sore. Mengenai aturan jam operasional ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini menggunakan kendaraan sewa, pesanan saja di jasa SGCab. Konsultasikan kebutuhan kendaraan Anda lewat nomor yang ada pada halaman kontak atau bisa juga dengan mengunjungi laman tourwisatasingapura.com.

SGCab tidak hanya menyediakan layanan rental mobil saja, tapi juga paket wisata Singapura dan Malaysia. SGCab akan ada kantornya di Jogja, sehingga mempermudah transaksi via offline. SGCab akan menjamin perjalanan ke wisata gratis di Singapura Anda minim kendala.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *