Syarat Masuk, Ketentuan, dan Yang Perlu Disiapkan Wisatawan Indonesia Ke Singapore

Syarat Masuk, Ketentuan, dan Yang Perlu Disiapkan Wisatawan Indonesia Ke Singapore

Apa saja aturan, syarat dan ketentuan masuk atau hal yang perlu disiapkan bagi orang Indonesia yang ingin berkunjung atau berwisata ke Singapore saat ini akan dibahas di tulisan kali ini.

Setelah 2 tahun covid, akhirnya Singapore membuka diri untuk para wisatawan, dimana sejak awal Mei 2022, untuk masuk Singapore sudah tak diperlukan lagi karantina dan sudah tak diperlukan lagi tes covid untuk hampir semua negara, termasuk Indonesia.

Berikut adalah beberapa poin tentang aturan masuk ke Singapore beserta ketentuan, syarat atau hal-hal yang perlu disiapkan bagi wisatawan Indonesia yang ingin ke Singapore saat ini, berdasarkan aturan sejak bulan Mei 2022.

  • Bagi yang berumur minimal 12 tahun dan sudah vaksin minimal dua kali, tak diperlukan lagi tes PCR atau antigen sebelum berangkat ke Singapore maupun ketika sampai di bandara Changi Singapore. Juga tidak ada kewajiban karantina saat ini.
  • Bagi anak anak di bawah 12 tahun dan belum vaksin juga diperbolehkan masuk singapore tanpa tes dan tanpa karantina
  • Ketentuan di atas hanya berlaku bagi yang dalam 6 hari terakhir tidak berkunjung ke Afrika atau Amerika Latin, karena bagi yang dalam dua minggu terakhir ke Afrika ada ketentuan tambahan, semisal sertifikat vaksin Yellow Fever.
  • Persiapkan pasport dengan masa berlaku minimal di atas 6 bulan.
  • Tinggal pilih dan beli tiket pesawat atau tiket kapal atau apa pun mode transportasi anda ke singapore.
  • Mengisi SG Arrival Card dan Health Declaration secara online (elektronik) sebelum masuk Singapore, silakan klik https://eservices.ica.gov.sg/sgarrivalcard/
  • Pengisian SG Arrival Card secara online bisa dilakukan untuk individu perorangan (individual submission), maupun untuk yang bepergian secara kelompok (group submission) misalnya dua orang atau keluarga.
  • Diantara data- data yang diperlukan untuk pengisian SG arrival card secara online adalah data yang tertera di passport, detail keberangkatan : tanggal pesawat/laut/jalur darat dengan detail transportnya semisal kode penerbangan untuk yang dengan pesawat, dan juga tanggal kepulangan, kota terakhir sebelum ke Singapore dan kota selanjutnya ketika keluar singapore, tempat menginap di singapore (jika belum jelas bisa pilih opsi “others”), email, no hp, lalu data gejala kesehatan, keterangan apa pernah berkunjung ke Afrika atau Timur Tengah dalam 14 hari terakhir, dan keterangan apa sudah vaksin lengkap. Kartu vaksin tak wajib di upload waktu pengisian SG Arrival Card dan saya sarankan dibiarkan saja begitu.
  • Menginstall aplikasi TraceTogether, sejenis aplikasi Peduli Lindungi di Singapore. Tapi saat ini nyaris tak memerlukan aplikasi ini lagi untuk masuk bangunan di Singapore. Akan tetapi tak ada salahnya menginstall dan mengaktifkan aplikasi ini semisal diperlukan.
  • Memakai masker masih diperlukan di Singapore untuk kawasan wisata dan dalam ruangan.
  • Membaca keterangan yang saya tulis di atas sudah mencukupi. Tapi bagi yang ingin membaca ketentuan dg lebih detail,  silakan kunjungi https://safetravel.ica.gov.sg/arriving/overview

Jika anda butuh jasa sewa mobil dan sopir di Singapore, hubungi kami lewat whatsapp 6598224405 atau KLIK DISINI.

Semoga info tentang aturan masuk beserta ketentuan, syarat atau hal-hal yang perlu disiapkan bagi wisatawan Indonesia yang ingin ke Singapore saat ini bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *