Apa Saja Persiapan atau Yang Perlu Diketahui Sebelum Ke Singapore

Apa Saja Persiapan atau Yang Perlu Diketahui Sebelum Ke Singapore

Di tulisan kali ini akan membahas apa saja persiapan atau yang perlu diketahui sebelum ke Singapore, yang akan berguna terutamanya bagi anda yang baru pertama kali hendak ke Singapore.

Diantara apa apa saja persiapannya atau yang perlu diketahui sebelum ke Singapore diantaranya :

  • Masuk ke Singapore tak perlu visa. Jadi hanya perlu passport, dan terkadang petugas imigrasi meminta KTP untuk dicocokkan nama nya dengan passport. Masuk dari Batam juga perlu passport.
  • Persiapkan tempat menginap atau hotel anda. Sebaiknya sudah booking di awal. Tapi semisal anda belum booking karena belum begitu yakin, maka wajib ditandai salah satu nama hotel, karena ini penting untuk mengisi address alamat tempat tinggal di kartu imigrasi masuk Singapore nantinya.
  • Saya sudah menyebutkan di poin pertama tentang adanya kartu imigrasi masuk singapore yang memang wajib diisi sebelum menghadap petugas imigrasi waktu kedatangan di Singapore. (Yang terbaru : kita bisa mengisi kartu kedatangan imigrasi Singapore secara online)
  • Imigrasi masuk Singapore termasuk agak resek (baca : strict) terhadap penduduk negara dunia ketiga, termasuk Indonesia. Maka untuk menghindari ada masalah atau untuk memuluskan urusan kita.
  • Perlu mengetahui hal-hal yang dilarang dibawa atau kena pajak kalau dibawa masuk Singapore.
  • Untuk masalah tukar uang, menyangkut pilihan mana yang lebih baik antara menukar uang rupiah ke dolar di Indonesia atau tunggu di Singapore saja atau jika menyangkut apakah bisa ambil uang nanti di ATM singapore.
  • Oiya, 1 dollar singapore (SGD) saat ini di kisaran Rp.10.500 (info Mei 2022)
  • Di Singapore saat ini, tak semua orang bisa atau mengerti bahasa melayu atau Indonesia. Maka kemampuan bahasa Inggris diperlukan, termasuk ketika check in hotel. Hanya orang melayu saja yang persentase jumlah nya rendah yang bisa bicara melayu, atau sebagian orang India, atau chinese yang berasal dari Malaysia, atau beberapa generasi tua Singapore. Akan tetapi untuk urusan imigrasi tak usah terlalu khawatir, karena banyak petugas yang bisa bicara melayu dasar, dan sebagian petugas imigrasinya memang orang melayu.

Kami juga menyediakan jasa sewa mobil + sopir berbahasa Indonesia di Singapore. Tersedia juga jasa pemandu wisata (guide) berbahasa Indonesia.

  • Jika check in agak malam atau menjelang tengah malam seperti jam 10 ke atas, ketika booking kamar online hendaknya menambahkan keterangan late check in (check in lambat) untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Terutama hal ini penting bagi yang ambil penginapan berupa hostel backpacker dimana sebagian hostel petugas reception nya gak kerja 24 jam.
  • Colokan listrik di singapore itu memakai 3 lubang, berbeda di Indonesia yang hanya 2 lubang colokan. Maka ada perlu kiranya unt membawa extension yang menghubungkan 2 lubang ke 3 lubang terutama yang paling penting untuk charge handphone, walau sebenarnya ada triknya tanpa pakai extension tetap bisa dengan kabel colokan di Indonesia.
  • Untuk info biaya makan.
  • Untuk masalah biaya masuk tempat wisata atau naik wahana.
  • Untuk informasi apakah perlu beli kartu perdana singapore baru atau tetap menggunakan kartu hp indonesia selama di Singapore.
  • Untuk biaya transport selama di Singapore kalau dengan kendaraan umum bisa habis sekitar $10 per orang satu hari nya.
  • Cuaca di Singapore tergolong panas di siang hari, mungkin lebih panas dibandingkan banyak kota di Indonesia. Hujan juga lumayan sering turun, akan tetapi hujan deras di Singapore jarang berlangsung lama.

Semoga info apa saja persiapan atau yang perlu diketahui sebelum ke Singapore bermanfaat bagi yang membutuhkan nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *